Tari BARONG



Tari Barong bali dipercaya sebagai metamorfosis dari barong ponorogo atau Reog yang dibawa ke Bali oleh raja Airlangga saat mengungsi ke pulau Bali untuk menyelamatkan diri. Selain barong ponorogo yang dibawa ke Bali, dibawa pula berbagai kebudayaan seperti seni sastra, aksara jawa, serta keagamaan. 


Dalam perkembangannya barong ponorogo di rubah bentuk dan cerita sesuai kondisi masyarakat di Bali yang diperuntukan untuk kegiatan spiritual keagamaan. 

Pengaruh yang di dapat pada barong Bali bisa di lihat pada bentuk barong ponorogo saat tampil tanpa mahkota merak (Kucingan) dan pada Topeng Rangda yang mendapat pengaruh dari topeng Bujang Ganong. Serta kelompok orang orang yang mendalami ilmu kesaktian pada orang tua yang mendapat pengaruh pada perilaku kegiatan nyata Warok muda dan Warok tua yang sakti mandraguna yang saat ini masih terjaga di Ponorogo, meskipun kegiatan tersebut saat ini tertutup untuk kalangan tertentu. 

Atas metamorfosis kesenian reog tersebut, maka muncul jenis barong bali dengan berbagai kepala hewan seperti Babi, Gajah, Anjing dan Burung yang menjadi kebanggaan tiap-tiap kota di Bali. 

Jenis - Jenis Barong

Di Bali ada beberapa jenis barong yang dikenal masyarakat. Jenis-jenis Barong tersebut adalah :
  1. Barong Ket
  2. Barong Bangkal
  3. Barong Landung
  4. Barong Macan
  5. Barong Gajah
  6. Barong Asu
  7. Barong Brutuk
  8. Barong Lembu
  9. Barong Kedingkling
  10. Barong Kambing
  11. Barong Gagombrangan.

Makna Tari Barong

Pada awal mulanya tari Barong berfungsi sebagai upacara / ritual dalam rangka melindungi masyarakat Bali dari gangguan mahluk / roh-roh jahat. Namun seiring perkembangan zaman, tari Barong dari Pulau Dewata ini berfungsi sebagai sarana ritual dan hiburan bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Musik Pengiring Tari Barong

Hampir sama dengan kebanyakan tari di Bali. Tari Barong diiringi oleh musik iringan musik tradisional Bali yaitu gamelan.

Busana Tari Barong

Kostum penari barong adalah menggunakan kostum Barong yang menutupi seluruh tubuh penarinya. Dengan tapel  sebagai kepalanya.

Demikian Sobat Tradisi, artikel mengenai Tari Barong yang merupakan tari tradisional khas Bali. Semoga bermanfaat.
Tari BARONG Tari BARONG Reviewed by Putu Ardipa on September 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Featured Posts

[Break][feat1]